Berdasarkan hasil survey yang sudah dilakukan, Alumni Teknik Lingkungan UPN Veteran Yogyakarta sudah tersebar bekerja pada beberapa bidang, antara lain:

1.   Staff K3L/HSE

Sebagian besar alumni bekerja sebagai Staf Health Safety and Environment (HSE) dalam berbagai industri. Sebesar 55% alumni bekerja dalam bidang ini termasuk HSE di industri pertambangan, migas dan pabum, umum, dan konstruksi. Berdasarkan hasil survey dan wawancara didapatkan bahwa sebagai staf HSE, seorang sarjana Teknik Lingkungan harus mampu mengaplikasikan ilmu-ilmu dasar teknik lingkungan, menerapkan dokumen-dokumen lingkungan, mengetahui regulasi terkait lingkungan, dan menguasai desain serta evaluasi pengolahan limbah. Selain pengetahuan terkait materi yang diajarkan pada kuliah, seorang sarjana Teknik Lingkungan juga diharapkan mampu memiliki softskill yang bisa menjadi nilai tambahan pada diri sendiri.

2.   Birokrat/ASN di bidang lingkungan

Bekerja dalam suatu instansi pemerintahan merupakan salah satu tujuan alumni dalam melanjutkan karirnya. Alumni TL UPNYK yang bekerja sebagai Birokrat/ ASN tersebar di beberapa institusi seperti DLHK, PUPR, tata ruang, dan pertanian. Alumni yang bekerja sebagai ASN adalah sebanyak 12%. Sarjana Teknik Lingkungan yang bekerja sebagai ASN harus mampu mengaplikasikan ilmu-ilmu dasar teknik lingkungan, menerapkan dokumen-dokumen lingkungan, mengetahui regulasi terkait lingkungan, dan menguasai desain serta evaluasi pengolahan limbah.

3.   Konsultan

Konsultan menempati peringkat terbanyak kedua setelah HSE yang digeluti alumni TL untuk meneruskan karirnya. Sebanyak 14% alumni bekerja pada berbagai bidang konsultan. Konsultan yang digeluti oleh alumni tidak hanya di bidang lingkungan namun juga konstruksi dan konsultan lainnya. Namun, sebagian besar bergelut pada bidang lingkungan terutama permasalahan dokumen lingkungan dan desain unit pengolahan.

4.   Wirausahawan

Tidak sedikit akumni yang meneruskan karirnya sebagai wirausahawan. Sebanyak 8% alumni sudah bergelut sebagai wirausahawan. Bidang wirausaha yang digeluti oleh alumni tidak hanya bidang lingkungan, namun juga ada yang bergelut pada bidang lainnya seperti pariwisata, dan bisnis lainnya.

5.   Akademisi/ peneliti muda

Akademisi dan peneliti muda merupakan salah satu pilihan karir yang bisa diambil oleh sarjana TL. Namun, karir ini belum begitu banyak peminatnya. Sebanyak 3% alumni bekerja sebagai akademisi atau peneliti. Bidang ini memiliki potensi besar ke depannya sebagai pekerjaan yang bisa dipilih alumni.

6.   Lain-lain

Bidang pekerjaan yang ada pada kategori lain-lain ini antara lain alumni yang bekerja di bidang procurement, sebagai kontraktor, melanjutkan studi, dan pekerjaan lainnya.