Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengajuan Ujian Seminar Pendadaran

SYARAT DAN KETENTUAN:
- Mahasiswa memperbaiki draft hasil seminar kolokium sesuai dengan hasil review yang diberikan oleh dosen pembimbing (penguji 2), ketua sidang (penguji 1), penguji 3 dan penguji 4. Waktu perbaikan menyesuaikan hasil kesepakatan saat seminar kolokium (maksimal 1 bulan) dan apabila melebihi batas waktu yang telah ditentukan maka ketua sidang dapat memutuskan untuk melaksanakan seminar kolokium ulang. Mahasiswa WAJIB melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing, ketua sidang, dan penguji selama perbaikan. Mahasiswa WAJIB meminta persetujuan kepada dosen pembimbing, ketua sidang, dan penguji untuk melaksanakan sidang pendadaran apabila naskah skripsi sudah layak dengan meminta tanda tangan pada lembar pengesahan. Kemudian, mahasiswa juga WAJIB melakukan pengecekan plagiasi di bagian perpustakaan Teknik Lingkungan dengan hasil maksimal 20%.
- Mahasiswa mendaftar sidang pendadaran dengan cara mengisi google form pendaftaran sidang pendadaran. Pendaftaran akan ditutup pada hari Jumat pukul 10.00 WIB pada minggu ke-4 setiap bulannya atau saat kuota maksimal telah terpenuhi. Mahasiswa WAJIB mengumpulkan 1 eksemplar draft skripsi ke TU sebagai syarat kelengkapan berkas pendaftaran sidang pendadaran. Mahasiswa WAJIB masuk ke whatsapp grup sidang pendadaran untuk mengetahui perkembangan informasi mengenai pelaksanaan sidang pendadaran.
- Tim komisi skripsi melakukan verifikasi data dan berkas pendaftaran yang tercatat pada google form pendaftaran sidang pendadaran sebagai data dasar untuk penentuan jadwal. Verifikasi dilakukan setelah pendaftaran ditutup atau apabila kuota pendaftaran telah terpenuhi. Kuota sidang pendadaran maksimal 16 mahasiswa setiap periode pelaksanaan.
- Koordinator prodi membuat jadwal dan menentukan ruang ujian yang akan digunakan untuk pelaksanaan sidang pendadaran.
- Tendik membuat dokumen kelengkapan sidang pendadaran (lembar berita acara, lembar penilaian, lembar revisi, dan lembar daftar hadir). Dokumen dapat diambil mahasiswa yang akan melaksanakan ujian saat hari-H dan diserahkan kepada ketua sidang sebelum sidang pendadaran berlangsung. Dokumen tersebut dimasukkan ke dalam stopmap berwarna merah yang dibawa oleh mahasiswa.
- Tendik penanggung jawab website TL mengumumkan jadwal ujian sidang pendadaran yang dapat diakses oleh seluruh civitas akademik pada awal minggu ke-1 setiap bulannya. Jadwal ujian juga diumumkan melalui grup whatsapp sidang pendadaran.
- Mahasiswa menyerahkan draft skripsi (softfile atau hardfile) kepada dosen pembimbing, ketua sidang, dan penguji maksimal H-7 sebelum pelaksanaan sidang pendadaran. Apabila melebihi waktu yang telah ditentukan maka dosen berhak untuk menunda pelaksanaan sidang pendadaran dan mahasiswa WAJIB mendaftar ulang sidang pendadaran.
- Dosen dan mahasiswa melaksanakan sidang pendadaran yang dipimpin oleh ketua sidang. Ketua sidang harus memastikan dan memeriksa kelengkapan dokumen sidang pendadaran (copy toefl, copy transkrip nilai, copy kartu mahasiswa, copy ijazah SMA/SMK/MA) sebelum sidang dimulai. Jika terdapat kekurangan maka ketua sidang berhak menunda pelaksanaan sidang pendadaran. Kemudian, dosen pembimbing, ketua sidang, dan penguji mengisi dokumen pelaksanaan sidang pendadaran (lembar berita acara, lembar penilaian, lembar revisi, lembar daftar hadir) yang telah disediakan dan mengumumkan nilai ujian kepada mahasiswa setelah sidang pendadaran selesai. Apabila mahasiswa memperoleh predikat “C” maka pelaksanaan sidang pendadaran WAJIB Durasi perbaikan skripsi disepakati antara dosen pembimbing, ketua sidang, dan penguji (maksimal 14 hari setelah pelaksanaan sidang pendadaran).
- Ketua sidang menyerahkan dokumen pelaksanaan sidang pendadaran (lembar berita acara, lembar penilaian, lembar revisi, lembar daftar hadir) kepada Tendik TL untuk kemudian dilakukan pengarsipan.
- Mahasiswa melakukan perbaikan dan konsultasi berdasarkan hasil catatan revisi yang diberikan saat sidang pendadaran kepada dosen pembimbing, ketua sidang, dan penguji. Hasil penyelesaian perbaikan draft skripsi dibuktikan dengan ditandatanganinya lembar pengesahan skripsi oleh dosen pembimbing, ketua sidang, dan penguji. Perbaikan dan konsultasi draft skripsi WAJIB dilaksanakan sebelum berakhirnya batas waktu yang telah disepakati (maksimal 14 hari kerja setelah sidang pendadaran).
- Bagian perpustakaan Teknik Lingkungan melakukan pengecekan plagiasi draft final skripsi melalui link berikut https://bit.ly/PengecekanPlagiasiTL . Naskah skripsi dapat diterima apabila nilai plagiasi kurang dari sama dengan 20%. Apabila hasil pengecekan plagiasi telah memenuhi syarat yang telah ditentukan, bagian perpustakaan dapat memberikan tanda tangan pada form hasil pengecekan plagiasi yang dicetak oleh mahasiswa.
- Mahasiswa mengumpulkan syarat yudisium di bagian TU Teknik Lingkungan yang meliputi: hardfile skripsi, CD file skripsi, surat keterangan berhak mengikuti yudisium, hasil pengecekan plagiasi, fotokopi berita acara sidang pendadaran, fotokopi daftar hadir sidang pendadaran, fotokopi bukti bimbingan, fotokopi KTP, fotokopi berwarna Ijazah depan belakang, fotokopi halaman pengesahan fotokopi, halaman pengesahan asli, fotokopi transkrip sementara yang sudah dihitung semua mata kuliah (termasuk nilai seminar proposal, seminar kolokium, sidang pendadaran) ditandatangani oleh ketua jurusan dan dosen wali, pas foto hitam putih 4x6, pas foto, berwarna 4x6, pas foto, berwarna 2x3, surat bebas pustaka jurusan TL, surat bebas pustaka universitas, lembar pengesahan karya ilmiah, surat penghapusan mata kuliah pilihan (bila perlu). Draft artikel ilmiah ditulis oleh mahasiswa dan dosen pembimbing (sebagai corresponding author). Publikasi disepakati antara mahasiswa dan pembimbing. Saat melakukan penyerahan berkas yudisium dke TU TL, mahasiswa mengisi bukti penyerahan yang telah disediakan. Selain itu, mahasiswa juga WAJIB mengisi spreadsheet pendaftaran yudisium dan google form yudisium yang telah disediakan. Pengumpulan berkas yudisium ke TU TL maksimal tanggal 24 setiap bulannya. Sedangkan, untuk periode yudisium FTME dilaksanakan tanggal 25 setiap bulannya.
- Berkas dokumen untuk sidang pendadaran:
- Scan sertifikat toefl (minimal skor toefl 425) WAJIB DI UPT Bahasa dan Layanan Internasional UPN "VETERAN" YOGYAKARTA TOEFL UPN "VETERAN" YOGYAKARTA ;
- Scan transkrip nilai terbaru;
- Scan kartu mahasiswa;
- Scan ijazah SMA (depan dan belakang);
- Persentase hasil pengecekan plagiasi (harus dilakukan di TU TL) https://bit.ly/PengecekanPlagiasiTL ;
- Scan surat bebas laboratorium jurusan;
- Scan berita acara seminar kolokium;
- Scan daftar hadir audience seminar kolokium;
- Scan kartu rencana studi mahasiswa;
- Scan buku bimbingan setelah seminar kolokium (minimal 4 kali bimbingan dengan dosen pembimbing, ketua sidang, dan kedua penguji);
- Scan bukti pembayaran UKT;
- Draft hasil perbaikan skripsi dalam bentuk softfile dan 1 eksemplar hardfile;
- Power point sidang pendadaran termasuk tabel hasil perbaikan naskah;
- Lembar pengesahan hasil revisi kolokium yang ditandatangani oleh dosen pembimbing (penguji 1), ketua sidang (penguji 2), penguji 3 dan penguji 4;
- Power point draft skripsi.
NB: Semua berkas harus diupload dalam bentuk pdf sebagai syarat pendaftan seminar pendadaran melalui link pendaftaran berikut https://bit.ly/PendaftaranSidangPendadaranTL
- Format Kepenulisan dalam Draft Pendadaran Skripsi:
Format Lembar Persetujuan Sidang Pendadaran https://bit.ly/LembarPersetujuanSidangPendadaran
- Berkas Untuk Sidang Pendadaran:
- Berita acara
- Lembar penilaian
- Lembar revisi
- Daftar hadir
NB: Semua file/berkas dapat diambil di TU Teknik Lingkungan
- Aspek Penilaian:
- Etika, penampilan dan penyajian, presentasi (16%)
- Kelancaran menjawab pertanyaan dan penguasaan materi (20%)
- Penulisan dan bahasa, serta kelengkapan rujukan (pustaka) (16%)
- Kebaruan/keaslian penelitian dan kebelanegaraan (16%)
- Metodologi penelitian (16%)
- Analisa pembahasan / interpretasi (16%)
- Berkas dokumen untuk yudisium:
- Dokumen skripsi dalam bentuk hardfile;
- CD file skripsi;
- Surat keterangan berhak mengikuti yudisium (1 kali);
- Hasil pengecekan plagiasi (1 kali) https://bit.ly/PengecekanPlagiasiTL ;
- Fotokopi berita acara sidang pendadaran (5 kali);
- Fotokopi daftar hadir sidang pendadaran (5 kali);
- Fotokopi bukti bimbingan (2 kali);
- Fotokopi KTP (1 kali);
- Fotokopi berwarna Ijazah depan belakang (2 kali);
- Fotokopi halaman pengesahan fotokopi (4 kali);
- Halaman pengesahan asli (2 kali) https://bit.ly/LembarPengesahanSkripsiTL ;
- Fotokopi transkrip sementara yang sudah dihitung semua mata kuliah (termasuk nilai seminar proposal, seminar kolokium, sidang pendadaran). Ditandatangani oleh ketua jurusan dan dosen wali;
- Pas foto, hitam putih 4x6 (2 lembar & diberi nama, nim, jurusan di belakangnya);
- Pas foto, berwarna 4x6 (2 lembar & diberi nama, nim, jurusan di belakangnya);
- Pas foto, berwarna 3x4 (2 lembar & diberi nama, nim, jurusan di belakangnya);
- Surat bebas pustaka jurusan TL (1 kali); https://bit.ly/PengajuanSuratBebasPustakaTL
- Surat bebas pustaka universitas (1 kali);
- Lembar pengesahan karya ilmiah (1 kali);
- Surat penghapusan mata kuliah pilihan (bila perlu);
- Berdasarkan Surat Wakil Rektor bagian Akademik, pendaftaran yudisium selain yang seperti yang di atas, juga menggunakan aplikasi SADEWA masing-masing mahasiswa. SOP dan dokumen yang diunggah dapat dilihat dilink berikut ini DAFTAR YUDISIUM