image upn

Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL) merupakan organisasi mahasiswa tingkat Program Studi yang berada di Jurusan Teknik Lingkungan, Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta.

HMTL ini sebagai sarana dan wadah dalam pengembangan kemampuan mahasiswa ke arah perluasan minat dan bakat, ilmiah serta peningkatan kemampuan dan keterampilan dalam menghadapi perkembangan zaman dewasa ini. Selain itu HMTL sendiri adalah wadah bagi mahasiswa untuk menyampaikan aspirasi dan menolong mahasiswa yang membutuhkan bantuan di bidang akademik dan lingkupnya. Berdasarkan atas hal tersebut, HMTL mempunyai tujuan untuk dapat berperan serta aktif agar mendapatkan hasil semaksimal mungkin hingga dapat dirasakan oleh mahasiswa di lingkungan kampus UPN “Veteran” Yogyakarta. HMTL juga menjadi jalur koordinasi antara mahasiswa dengan Program Studi. HMTL juga memfasilitasi kepentingan mahasiswa di luar Program Studi.

HMTL UPN “Veteran” Yogyakarta berazaskan Pancasila, Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan Tri Fungsi Mahasiswa.

Prinsip HMTL UPN “Veteran” Yogyakarta adalah kedisiplinan, kejuangan, kreativitas, keadilan, kebersamaan, kekeluargaan, dan menghormati perbedaan.

HMTL UPN “Veteran” Yogyakarta bersifat independen, terstruktur, kritis, ilmiah, humanis, dinamis, dan demokratis.

Tujuan HMTL UPN “Veteran” Yogyakarta menghimpun seluruh mahasiswa yang masih tercatat di Jurusan Teknik Lingkungan UPN “Veteran” Yogyakarta menuju kehidupan kampus yang kritis, bertanggung jawab, dinamis dan demokratis.  Fungsi HMTL UPN “Veteran” Yogyakarta :

1.     Menampung dan memperjuangkan aspirasi mahasiswa Jurusan Teknik Lingkungan UPN “Veteran” Yogyakarta.

2.     Mewadahi pengembangan pola pikir dan pola tindak terorganisir.

3.     Meningkatkan koordinasi/kerjasama antara Organisasi Kemahasiswaan, di dalam dan di luar UPN “Veteran” Yogyakarta

        maupun dengan instansi lain selama tidak bertentangan dengan AD, ART, dan GBHK.

4.     Mempererat tali persaudaraan dan menjalin kerja sama dengan alumni.