Capaian pembelajaran di Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknologi Mineral, UPN “Veteran” Yogyakarta, adalah sebagai berikut :

1.     Mampu memahami dan menerapkan pengetahuan tentang lingkungan hidup bermakna ”kebumian” yang merupakan sistem yang saling terkait secara integral antara geosfer, biosfer, dan atmosfer dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan hidup.

2.     Mampu mengusulkan, merencanakan, memetakan, dan melakukan tindakan-tindakan tepat dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan lingkungan hidup yang berkaitan dengan Lingkungan Binaan dengan menerapkan rekayasa teknologi berbasis lingkungan (Pertambangan Mineral dan Batubara, Perminyakan dan Panas Bumi, Perkotaan dan Pedesaan, Industri, Pariwisata, serta Sarana dan Prasarana).

3.     Mampu Mengevaluasi, mengelola, dan memantau dampak kegiatan Lingkungan Binaan.

4.     Mampu menilai dan mengevaluasi daya dukung lahan dan daya tampung terhadap lingkungan binaan.

5.     Mampu mengelola limbah pertambangan mineral dan batubara, perminyakan dan panasbumi, dan industri umum lainnya, serta melakukan kegiatan reklamasi, rehabilitasi, dan konservasi.

6.     Memiliki watak dan kepribadian sebagai insan akademik dan makhluk sosial, yang sadar, peka dan tanggap terhadap dinamika lingkungan.

7.     Kemampuan menjalin kerjasama dalam rangka menerapkan dan mengembangkan IPTEK yang terkait dengan permasalahan dan pengelolaan lingkungan hidup.